BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Iran
dahulu dikenal dengan nama Persia. Penduduknya terdiri atas dua kelompok,
Bangsa Media dan Bangsa Persia, yang berpindah ke Persia dari Asia Tengah lebih
dari 2800 tahun lalu.[1]
Di sinilah terbentuk sebuah kerajaan besar, yaitu kerajaan Persia, yang
mempunyai wilyah kekuasaan yang besar dan penduduk yang banyak serta mempunyai
peradaban yang sangat maju.
Di
daerah kekuasaannya itu muncul suatu agama baru yang tumbuh dalam suatu kultus
yang sangat sederhana sekali pada masa itu, yaitu Agama Zoroaster. Agama ini
muncul dari seorang yang bernama Zarathustra. Agama ini mengajarkan banyak hal
tentang kehidupan di dunia. Agama ini menyembah api sebagai suatu simbol
kesucian dalam peribadatannya.
Ketika
Persia menguasai daerah-daerah yang luas, awalnya mengusir bangsa Yahudi dari
palestina, tapi semenjak Koresy memerintah, bangsa Yahudi boleh kembali ke
daerah daratan tempat mereka tinggal sebelumnya.
Hingga
pada abad ke-7 Islam datang ke Persia. Terjadi peradaban yang sangat besar
sekali pada masa itu dan masa puncak kejayaan pada masa Dinasti Safawi abad
ke-16. Islam Syiah sangat berpengaruh dalam kekuasaan ini.
Dalam
peradabannya yang sangat maju, pemakalah ingin memaparkan semua tentang ruang
lingkup Agama Persia sesuai dengan tujuan pada makalah ini yang akan dibahas.
1.2 Tujuan
Bertujuan untuk memberikan informasi
kepada pembaca mengenai pengertian dasar memaparkan dan menjelaskan tentang
·
ai acuan pembaca agar dapat
mengetahui lebih banyak mengenai hal tentang Agama Persia Kuno, Sejarah dan
Peradaban di daerah Persia (Iran) hingga kini.
·
Sebagai
pemenuhan tugas makalah yang dibutuhkan
sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Agama-Agama Minor.
1.3 Metode
Metode yang di gunakan penulis
dalam mengumpulkan data penulisan makalah ini adalah metode studi pustaka dari
buku referensi buku yang terkait dan data dari internet sebagai tambahannya.
1.4 Sistematika Penulisan
Penulisan makalah ini terdiri dari
tiga bab. Bab yang pertama yaitu pendahuluan yang terdiri dari latar belakang,
tujuan, metode, dan sistematika penulisan. Sedangkan bab kedua yaitu pembahasan
yang terdiri dari sejarah Persia Kuno, peradaban Persia Kuno, agama Persia
Kuno, praktek keagamaannya, konsep manusianya, dan eskatologinya. Bab yang
terakhir yaitu bab penutup yang berisi kesimpulan dari isi makalah ini.
BAB II
ISI
ISI
2.1Sejarah Persia Kuno
Iran dan Persia adalah dua nama
yang kerap digunakan untuk menunjukkan satu wilayah. Sebenarnya, antara keduanya
terdapat sedikit perbedaan. Salah satu rumpun bangsa Arya[2],
yaitu bangsa Media, mendiami wilayah Iran bagian barat. Sementara rumpun bangsa
lainnya, yaitu banga Persia, mendiami bagian selatan wilayah tersebut. Baik
bangsa Media maupun Persia, keduanya tunduk pada kekuasaan bangsa Assyria. Namun, sejak 1000 SM, bangsa Persia berhasil
menaklukkan bangsa Media bahkan menaklukkan imperium Assyria. Sejak saat itu,
wilayah Iran dikenal dengan nama Persia.[3]
Kekaisaran Arkhemeniyah (Persia):
Imperium ini didirikan oleh Cyrus atau Koresh yang Agung pada tahun 550 SM.
Kerajaan ini menjadi imperium pertama kala itu. Pada tahun 486 SM, Raja Darius
I naik tahta, dan pada tahun 521 SM menguasai Iran. Pada tahun 334 SM,
Alexander Agung, Kaisar Macedonia, Yunani, merentangkan kekuasaannya hingga
mampu menaklukkan dan menguasai Imperium Persia. Alexander bahkan memerintahkan
pasukannya untuk membunuh ribuan tentara Persia, dan membakar ibu kotanya:
Parsepolis. Tindakan ini sengaja dia lakukan sebagai balasan atas pembakaran
kota Athena yang dulu dilakukan pasukan Persia. Alexander sendiri mengikrarkan
bahwa dia adalah pewaris tahta raja-raja Arkhemeniyah. Alexander pun mengikuti
cara hidup, tradisi, dan budaya Persia, bahkan berusaha menciptakan kebudayaan
baru yang memadukan kebudayaan Persia dan Yunani (helenistik). Selain
menaklukkan Persia dan menyemaikan Helenistik, Alexander juga menyungguhkan
model pemerintahan baru ala Persia kepada Barat-Yunani, khususnya yang
berkaitan dengan tata negara dan undang-undang, yang pada gilirannya menjadi
asas model tata Imperium Romawi di kemudian hari.
Setelah sesaat kematian Alexander
pada tahun 323 SM, terjadilah perpecahan diantara para panglima militernya.
Mereka pun mulai membagi wilayah kekuasaan yang telah ditaklukkan Alexander.
Wilayah Persia sendiri pada akhirnyamenjadi milik panglima Seleukus, salah
seorang Jenderal Alexander. Sejak masa tersebut, Persia memasuki era
pemerintahan Kekaisaran Seleukus yang berlangsung hingga tahun 141 SM. Dibawah
kekaisaran Seleukus, Persia mengalami babak sejarah yang cemerlang. Kekaisaran
ini berhasil menggabungkan Asia Kecil, Syam, Irak, dan Iran menjadi satu
kesatuan wilayah. Ibukota baru pun didirikan sebagai pusat pemerintahannya,
yaitu Seleukia di tigris, Irak. Dinasti ini juga mempunyai ibu kota kedua di
wilayah bagian barat, yaitu Antakya yang terletak di lembah Sungai al-Ashi.[4]
Setelah itu, muncul kekaisaran
Parthia yang menguasai Persia pada tahun 247 SM- 224 M. Dalam lembar sejarah
Iran kuno, kekaisaran Parthia disebut juga Dinasti Arsacia. Nama Arsacia
dinisbahkan kepada raja pertamanya, yaitu Arsacia I. Dinasti ini berasal dari klan Saka
yang mendiami wilayah timur laut Iran. Dinasti ini telah berhasil menaklukkan
kekaisaran Seleukus demi merentangkan pengaruh dan kekuasannya hingga ke
seluruh wilyah Persia. Nama Arsacia kemudian dipakai sebagai gelar untuk
seluruh kekaisaran Parthia, seperti gelar pada raja-raja Romawi. Kekaisaran
Parthia (Arsacia) banyak terlibat serangkaian perang dengan pihak Imperium
Romawi. Mereka bahkan pernah meraih kemenangan gemilang atas Romawi pada tahun
54 SM. Kemenangan ini menjadi Imperium Persia (masa kekaisaran Parthia) menjadi
satu-satunya kekuatan terbesar dunia saat itu. Sekalipun rentang masa
pemerintahan kekaisaran ini mencapai lima abad lebih, namun tidak meninggalkan
banyak jejak peradaban bagaimana Kekaisaran Persia lainnya. Kekaisaran Parthia
hanya meninggalkan jejak seni yang sederhana.
Kekaisaran Sasanid: didirikan oleh
Ardhashir I yang berkuasa pada tahun 224 M. Dinasti ini dipercayai sebagai
pembangun dan penghidup kembali peradaban Persia dan Zoroaster, sekaligus
berupaya membangun kembali tradisi Persia peninggalan Dinasti Arkhemeniyah.
Dinasti ini justru membuka kontak dagang dengan pihak musuh utama mereka, yaitu
Romawi (Byzantium), juga dengan pihak Cina. Penggalian arkeologis di Cina
menemukan adanya koin-koin (mata uang) perakdan emas Sasanid yang digunakan
selama beberapa abad lainnya.
TAHUN-TAHUN
PENTING
± 850-750 SM
Bangsa Media dan Persia
pindah ke Iran
± 600 SM
Zoroaster memperbaharui
agama kuno Persia
559-525 SM
Koresy Agung membangun
kerajaan Persia
521-486 SM
Darius memperluas
kerajaan ke puncak kejayaan
480 SM
Bangsa Yunani
menghentikanekspansi Persia di Salamis
331 SM
Persia jatuh ke tangan
Alexander Agung (Iskandar Agung)
|
Ardhashir memiliki posisi yang
tinggi dalam sejarah orang-orang Iran. Dia dipandang sejarah orang-orang Iran.
Dia dipandang sebagai sosok yang berhasil menyatukan bangsa Iran, orang yang
menghidupkan kembali ajaran Zoroaster, sekaligus sebagai pendiri Imperium
Pahlavi. Ardhashir wafat pada tahun 240 M dan digantikan oleh putranya, Shapur
yang kembali memerangi Imperium byzantium, dan berhasil menaklukkan kaisar
Romawi, Valerian pada tahun 260 M. Beberapa waktu kemudian, Shapur mendirikan
akademi Gundishapur di Gundeshapur. Dia pun kembali membangun tata kerajaan dan
Imperium Persia, seperti membangun banyak kota-kota utama, salah satunya adalah
Nishapur. Pada periode berikutnya, muncul Raja Anusherwan (531-579 M) yang dikenal
sangat adil dan bijak dalam memerintah. Pada awal pemerintahannya, dia telah
mampu menghilangkan fitnah pengikut Mazdak dan memulihkan stabilitas situasi di
Iran. Kemudian, tahta Kekaisaran Sasanid bergantian pada masa 629-632 M. Pada
tahun 642 M, pasukan muslim berhasil mengalahkan bangsa Persia pada dua
pertempuran: Perang Qadisiyah dan Perang Nahawan pada masa Khalifah Umar bin
Khatab. Setelah itu, kaum muslim tersebar di negara Persia hingga pemerintahan
Dinasti Sasanid berakhir.[6]
2.2
Peradaban Persia
Koresy memimpin pasukan penunggang
kuda dan pemanah ulung. Mengambil keuntungan dari kelemahan para tetangga, ia
menaklukkan sebuah kerajaan yang wilayahnya terentang dari Laut Mediterania
hingga ke Afganistan. Anaknya Cambyses, menyerang Mesir. Bangsa Persia mendapat
dukungan dari warga taklukan berkat pemerintahan yang adil. Darius I[8]memperluas
wilayah hingga ke India dan Yunani. Ia mengatur ulang kerajaan dan menunjuk
para satrap (gubernur) di setiap provinsi. Ia memungut pajak dari setiap
provinsi berupa padi-padian, perak dan hasil pertanian.[9]
Darius membangun banyak jalan dan
kota dagang untuk menjangkau seluruh bagian dari kerajaan yang luas. Ia
memajukan perdagangan dengan memperkenalkan mata uang standar. Bangsa Persia
menguasai ujung barat Jalur Sutera dari Cina, dan seluruh lalu lintas
perdagangan dari India ke Laut Mediterania. Kerajaan kosmopolitan yang makmur
ini menjalin hubungan dengan sebagian besar peradaban kuno pada masa itu.
Namun, kerajaan ini sangat bergantung pada kemampuan pemimpinnya. Akhirnya,
bangsa Yunani meruntuhkan kerajaan Persia dan merebut wilayah kekuasaan Persia.
2.3
Agama Persia
Kuno
Di sisiakidah, pada zaman dahulu mereka menyembah Allah dan
sujud kepad-Nya. Kemudian mereka menjadikan permisalan matahari, bulan, bintang
dan galaksi-galaksi di langit sebagai sesembahan, seperti juga selain mereka
dari generasi-generasi awal.[14]
Agama asli orang-orang persia adalah suatu kultus yang
sederhana sekali, yang berhubungan dengan kehidupan penggembalaan pertanian.
Akan tetapi kemudian seorang persia yang bernama Zarathustra mengembangkan
suatu agama baru yang disebut Zoroastrianisme.[15]
Zoroastrianisme merupakan kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau
"Tuhan yang bijaksana". Di dalam ajaran Zoroastrianisme, hanya ada
satu Tuhan
yang universal dan Maha Kuasa, yaitu Ahura Mazda.
Ia dianggap sebagai Sang Maha Pencipta, segala puja dan sembah ditujukan hanya
kepadanya. Pengakuan ini adalah bentuk penegasan bahwa hanya Ahura Mazda
yang harus disembah.
Zarathustra menunjukkan pemikirannya tentang perbaikan tujuan
arah negara yang beragama. Dia mengatakan, “Sesungguhnya cahaya Allah menjelma
dalam setiap sesuatu yang berkilau dan menyala di alam dunia. Dia memerintahkan
menghadap matahari dan api waktu beribadah, karena cahaya merupakan perlambang
Tuhan. Ia mengajarkan untuk tidak mengotori empat unsur, yaitu: api, udara,
debu dan air. Kemudian setelah itu datanglah para pendeta yang mengajak
pengikut Zarathustra untuk mengikutui syariat yang bermacam-macam. Mereka
mengharamkan menggunakan sesuatu yang ada hubungannya dengan api, mencukupkan
diri dengan segala perbuatan mereka hanya dengan pertanian dan perdagangan.
Dari ritual penyembahan api ini, kemudian dijadikanlah api sebagai kiblat
ritual ibadah dari berbagai tingkat golongan untuk menyembahnya. Selanjutnya,
mereka menjadi para penyembah api dengan makna sebenarnya. Mereka membangun
biara dan klenteng-klenteng, menentang setiap keyakinan dan agama selain
menyembah api.[16]
Menurut penganut Zoroaster, dzat Ahura Mazda adalah esensi
murni yang suci dari segala bentuk materi, yang tidak dapat dilihat oleh
pandangan mata dan tidak dapat ditangkap kedzatannya oleh akal manusia. Banyak
dari manusia yang tidak mampu mengimani dzat dengan sifat seperti ini. Sehingga
Zoroastrianisme membuat rumusan tentang hakikat ketuhanan Ahura Mazda dengan
rumus[18]:
a)
Rumus pertama bersifat transenden[19]
(samawi) yang disimbolkan dengan matahari
b)
Rumus kedua bersifat imanen
(ardhi) yang disimbolkan dengan api.
Keduanya
adalah unsur yang memancarkan cahaya, menerangi semesta, suci, serta tidak
dapat terkontaminasi oleh hal-hal yang buruk dan segala bentuk kerusakan.
Kepada cahayalah kehidupan semesta raya ini bergantung. Sifat inilah yang
paling mendekati untuk digambarkan oleh akal manusia akan sifat Maha Pencipta.
Zoroastrianisme adalah suatu agama yang bersifat “keduaan” atau dualistis[20].
Disebutkan bersifat keduaan karena para penganutnya percaya bahwa ada dua
kekuatan yang saling berperang terus menerus, yakni kekuatan yang baik dan
kekuatan yang jahat.
Kekuatan yang baik diwakili oleh Ormadz, sang dewa tertinggi,
bersama dengan para pembantunya yang adalah para malaikat. Sedangkan kekuatan
yang jahat diwakili oleh Ahriman, si dewa kejahatan, bersama dengan kumpulan
setan-setan yang membantunya.[21]
Meskipun ajaran Zarathustra mengajarkan monoteisme dengan
Ahura Mazda sebagai satu-satunya dewa yang harus disembah namun keberadaan
dewa-dewa lain pun tetap diakui. Dewa-dewa yang turut diakui keberadaanya ada
lima yaitu[22]:
2.
Vohu Manah, dewa yang
digambarkan sebagai sapi jantan ini
dikenal sebagai dewa hati nurani yang baik.
3.
Keshatra
Vairya, yaitu dewa
yang berkuasa atas segala logam.
2.4 Kitab Suci
Kitab suci agama zoroaster dikenal dengan nama Avesta. Avesta
berasal dari akar kata avistak, bermakna Bacaan.[23]
Ada tiga bagian di dalam kitab ini[24]:
1.
Gathas, Nyanyian” atau “ode” atau
yang secara umum dan tepat dinisbahkan pada Zoroaster sendiri
2.
Yashts atau himne korban yang
ditujukan kepada berbagai macam dewa
3.
Vendidat atau Videvdat, “aturan
melawan syetan”, berupa sebuah risalah yang terutama menyangkut ketidakmurnian
ibadah dan prinsip dualisme yang diperkenalkan oleh Zoroaster dan diuraikan
sangat panjang dalam bidang kehidupan praktis.
2.5 Praktek Keagamaan
Zoroaster menganjurkan pengikutnya untuk senantiasa
menyalakan api suci di tungku-tungku api yang terdapat di setiap kuil
peribadatan. Api tersebut harus selalu menyala dan memancarkan cahaya. Tungku
api itu dijaga dan diurus oleh Magi[25],
rohaniawan muda, juga oleh para pendeta kuil. Setiap hari, mereka selalu
memasukkan kayu cendana ke dalam tungku api sebanyak lima kali, atau kayu lain
yang mengeluarkan aroma wewangian khas, juga menaburkan serbuk-serbuk dan
cairan wewangian sehingga udara di dalam kuil selalu terasa segar dan harum
semerbak. Mereka juga merapalkan doa dan melaksanakan ritual keagamaan
disekitar api tersebut.[26]
Dalam tradisi Zoroastrianisme, ketika akan mendirikan sebuah
kuil api baru, mereka diharuskan menyalakan api terlebih dahulu pada sembilan
buah lilin atau obor. Nyala api di obor pertama kemudian disalurkan untuk nyala
api obor kedua, dan seterusnya hingga pada obor yang ke sembilan. Pengikut
Zoroaster meyakini, api yang menyala pada obor terakhir itulah yang telah
sampai pada derajat kesucian api. Dan dari api kesembilan itu mereka menyalakan
api pada tungku kuil baru tersebut.
2.6 Konsep Mengenai Etika Hidup
Dalam
pandangannya mengenai etika hidup yang ideal, ada tiga hal utama yang
ditekankan dalam Zoroastrianisme yaitu pikiran yang baik, perkataan yang baik
dan perbuatan yang baik. Zoroastrianisme memberikan kebebasan bagi setiap
penganutnya untuk memilih hidup yang baik atau jahat bagi dirinya
sendiri. Menurut mereka dunia yang akan datang akan mengalami
pembaruan. Pembaruan dunia ini tidak dapat dapat dikerjakan oleh satu
orang saja tetapi membutuhkan keterlibatan banyak orang. Oleh karena itu,
Zoroastrianisme sangat menekankan tanggung jawab moral dari masing-masing orang
untuk melakukan kebaikan. Dosa bagi penganut Zoroastrianisme adalah penolakan
untuk bersekutu dengan aspek kebaikan dari Ahura Mazda. Mereka meyakini
bahwa tidak ada yang ditakdirkan atau dikodratkan sebelumnya. Apa yang
dilakukan, dikatakan dan dipikirkan selama hidup akan menentukan apa yang akan
terjadi setelah meninggal. Mereka pun menolak konsep pertapaan karena mereka
memahami bahwa dunia itu baik. Tidak ada ruang untuk penyangkalan diri dan
bertapa karena menolak dunia berarti menolak ciptaan dan menolak ciptaan
berarti menolak Sang Pencipta.[30]
2.7 Konsep Kematian
Agama
Zoroaster meyakini bahwa tubuh manusia adalah tidak suci sehingga menurut
mereka jasad manusia tidak boleh mengotori bumi dan api, atas dasar alasan
tersebut jasad manusia tidak boleh di kubur atau di kremasi. Oleh sebab itu
orang yang telah meninggal jenazahnya akan di bawa ke kuil Towers of Silence
agar di makan oleh burung pemakan bangkai, burung Nasar. Setelah daging dimakan
habis oleh burung Nasar dan tinggal tersisa tulang belulang, maka tulang-tulang
tersebut akan di buang ke tengah bangunan.[31]
2.8 Konsep Kehidupan Setelah Mati (Eskatologi)
Para pengikut Zoroaster percaya bahwa ada suatu peperangan
sorgawi yang berlangsung diantara dua kekuatan itu dan akhirnya (yakni pada
akhir zaman) Ormadz-lah yang akan menang. Menurut mereka Zorostrianisme
mengajar manusia untuk melayani dewa kebaikan dan mematuhi suatu hukum
tertinggi mengenai tingkah laku yang mengungkapkan suatu moralitas yang lemah
lembut. Para pengikut ini yakin bahwa kematian bukanlah akhir dari segala
sesuatu, melainkan akan ada suatu kehidupan baru bagi orang-orang yang benar
ketika Ormadz menang.[33]
Manusia diberikan kebebasan untuk memilih. Siapa yang memilih
kebaikan dan kebenaran, maka dia akan menuai hasilnya di kehidupan akhirat yang
abadi kelak. Adapun orang yang membela kejahatan dan kedustaan, dia pun akan
mendapatkan siksa di neraka yang abadi.
3.1
Persia Terhadap Yahudi
Orang Persia memerintah Palestina selama abad terakhir dari
sejarah Perjanjian Lama. Alkitab membicarakan kurun waktu ini dalam kisah-kisah
Ester, Daniel, Ezra, Nehemia, dan dalam dua ayat pada akhir kitab II Tawarikh.
Bagi orang Yahudi ini merupakan periode pemugaran dan pembangunan kembali. Bagi
orang Persia ini merupakan periode pengembangan kerajaan.
Orang Yahudi telah dibuang ke Babilonia selama hampir 60
tahun ketika orang Persia menaklukkan negeri itu pada tahun 539 sM. Dua tahun
kemudian Koresy II, raja Persia, mengizinkan para buangan ini kembali ke tanah
air mereka. Lalu ia maju terus untuk menaklukkan Mesir, suatu prestasi yang
tercapai oleh putranya pada tahun 526 sM.
Dengan gembira orang Yahudi menanggapi tawaran Koresy. Pada
tahun dekrit itu diumumkan (538 sM), banyak orang Yahudi bersiap-siap untuk
pulang. Kita harus ingat bahwa keputusan mereka untuk pulang bukanlah keputusan
yang mudah. Orang-orang Yahudi yang telah mematuhi nasihat Yeremia (Yer.
29:5, dst.) telah menjadi mapan di Babel. Mereka sudah membeli rumah,
menanam kebun, dan mendirikan usaha perdagangan dalam pembuangan.
Lempeng-lempeng perdagangan Babel menyatakan nama orang-orang Yahudi, yang
menunjukkan bahwa orang Yahudi mempunyai kedudukan yang baik di Babel pada
zaman itu. "Kaum Zionis" zaman purba ini harus meninggalkan segala
sesuatu yang telah mereka bangun dalam pembuangan untuk kembali ke tanah air
yang miskin. Orang-orang yang memulai perjalanan panjang yang berbahaya dari
Babel ke Palestina membutuhkan kepercayaan kepada Allah, jiwa perintis, dan
kehendak yang kuat untuk membangun kembali negeri mereka.[34]
Segera sesudah orang Yahudi tiba di Yerusalem, Sesbazar
memberi instruksi kepada rakyatnya untuk mengikuti perintah Koresy untuk
membangun kembali bait suci. Zerubabel dari keluarga Daud dan Yosua imam besar
memimpin rakyat dalam mengucap syukur dan meletakkan dasar bait suci. Para imam
dan orang Lewi memimpin mereka dalam puji-pujian. "Sebab Ia baik!
Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!" (Ezr.
3:11). Hanya orang-orang yang telah melihat kemegahan bait Salomo dapat
membandingkannya dengan bangunan sederhana yang sedang dibangun di hadapan mata
mereka. Mereka yang mengingatnya menangis, sedangkan orang-orang Yahudi yang
lebih muda bersorak-sorai karena sukacita ketika menyaksikan permulaan yang
baru ini. Mereka mengetahui bahwa hal ini menggenapi janji-janji Allah kepada
para nabi yang didasarkan pada perjanjian-Nya dengan Abraham (Ezr.
3:12-13).
4.1 Islam di
Persia
Islam masuk
ke Persia sudah sejak pada masa dinasti Bani Umayyah. Hal tersebut ditandai
dengan keberhasilan ekspansi ke beberapa daerah, baik di timur maupun barat,
wilayah kekuasaan Islam masa Bani Umayyah ini betul-betul sangat luas. Daerah-daerah
itu meliputi Spanyol, Afrika Utara, Syria, Palestina, Jazirah Arabia, Irak,
sebagian Asia Kecil, Persia Aghanistan, daerah yang sekarang disebut Pakistan,
Purkmenia, Uzbek dan Kirgis di Asia Tengah.[35]
Setelah itu,
di Persia muncul sebuah kerajaan besar ketika masa puncak kejayaan Kerajaan
Usmani, yaitu Kerajaan Safawi. Kerajaan ini berkembang dengan cepat. Dalam
perkembangannya, kerajaan Safawi sering bentrok dengan Turki Usmani. Kerajaan
Safawi menyatakan Syi’ah sebagai mahzab negara. Karena itu, kerajaan ini dapat
dianggap sebagai peletak pertama dasar terbentuknya negara Iran dewasa ini.
Kerajaan
Safawi berasal dari sebuah gerakan tarekat yang berdiri di Ardabil, sebuah kota
di Azerbaijan. Tarekat ini diberi nama Tarekat Safawiyah, didirikan pada waktu
yang hampir bersamaan dengan berdirinya kerajaan Usmani. Nama Safawiyah,
diambil dari nama pendirinya, Safi al-Din[36]
(1252-1334 M), dan nama Safawi itu terus dipertahankan sampai Tarekat ini
menjadi gerakan politik. Bahkan nama itu terus dilestarikan setelah gerakan ini
berhasil mendirikan kerajaan.
SILSILAH RAJA-RAJA
KERAJAAN SAFAWI
Safi al-Din (1252-1334
M)
│
Sadar al-Din Musa
(1334-1399 M)
│
Khawaja Ali (1399-1427
M)
│
Ibrahim (1427-1447 M)
│
Juneid (1447-1460 M)
│
Haidar (1460-1494 M)
│
Ali (1494-1501 M)
│
Ismail (1501-1524 M)
│
Tahmasp I (1524-1576 M)
│
Ismail II (1576-1577 M)
│
Muhammad Khudabanda
(1577-1787 M)
│
Abbas I (1588-1628 M)
│
Safi Mirza (1628-1642
M)
│
Abbas II (1642-1667 M)
│
Sulaiman (1667-1694 M)
│
Husein (1694-1722 M)
│
Tahmasp II (1722-1732
M)
│
Abbas III (1732-1736 M)
|
Suatu ajaran
agama yang dipegang secara fanatik biasanya kerap kali menimbulkan keinginan di
kalangan penganut ajaran itu untuk berkuasa. Karena itu, lama-kelamaan
murid-murid tarekat Safawiyah berubah menjadi tentara yang teratur, fanatik
dalam kepercayaan dan menentang setiap orang yang bermahzab selain Syi’ah.
Kecendrungan
memasuki dunia politik itu mendapat wujud kongkritnya pada masa kepemimpinan
Juneid (1447-1460 M). Dinasti safawi memperluas geraknya dengan menambahkan
kegiatan politik pada kegiatan keagamaan. Perluasan kegiatan ini menimbulkan
konflik antara Juneid dengan penguasa Kara Konyulu (domba hitam), salah satu
suku bangsa Turki yang berkuasa di wilayah itu. Dalam konflik tersebut Juneid
kalah dan diasingkan ke suatu tempat. Di tempat baru ini ia mendapat
perlindungan dari penguasa Diyar Bakr, Ak-Konyulu (domba putih), juga satu suku
bangsa Turki. Ia tinggal di istana Uzun Hasan yang ketika itu menguasai
sebagian besar Persia.[37]
Dinasti Safavid mencapai puncak kejayaan di bawah Shah Abbas
Agung (1571-1629) yang memerintah sejak 1588. Sebagai pemimpin militer yang
cakap, ia berdamai dengan orang Ottoman dan menghalau orang Turki Uzbek dari
timur Iran. Ia memindahkan ibukota ke Isfahan dan menjadikannya salah satu kota
terindah di dunia dengan sebuah istana dan masjid yang megah. Bazar (pasar)
tertutup mengelilingi lapangan utama, sementara pohon dang sungai kecil
mengapit lapangan pasar itu. Terdapat juga sebuah jalan utama dengan taman di
kedua sisinya. Abbas menghidupkan kembali kebudayaan Persia, memnagun hubungan
yang bersahabat dengan bangsa eropa, dang menyambut baik para pengunjung asing.[38]
Pemerintahan dinasti kuat ini berlangsung selama 200 tahun.
Safavid[39]
Persia terus ditekan oleh orang Ottoman dari barat dan suku-suku Turki dari
timur, hingga pemerintahan Abbas I berhasil membuat perdamaian dan menciptakan
pembaharuan kebudayaan di Persia. Setelah kematiannya pada tahun 1628, sejumlah
penguasa yang lemah menggantikan Abbas I. Akhirnya, dinasti Safavid
disingkirkan oleh para penyerbu Afgan pada tahun 1722.
4.2 Sumbangan Islam di Persia
1.
Bidang Ekonomi
Stabilitas politik Kerajaan Safawi pada
masa Abbas I ternyata telah memacu perkembangan perekonomian Safawi,
lebih-lebih setelah kepulauan Hurmuz dikuasai dan dan Pelabuhan Gumrun diubah
menjadi Bandar Abbas. Dengan dikuasainya bandar ini maka salah satu jalur
dagang laut antara Timur dan Barat yang biasa diperebutkan oleh Belanda,
Inggris dan Perancis sepenuhnya menjadi milik kerajaan Safawi. Disamping faktor
perdagangan, kerajaan Safawi juga mengalami kemajuan di sektor pertanian
terutama di daerah Bulan Sabit Subur (Fortile Crescent)
Gambar 9 Peta Bulan Sabit Subur
2.
Bidang Ilmu Pengetahuan
Ada beberapa ilmuan yang selalu hadir di majlis istana, yaitu
Baha al-Din al-Syaerazi, generalis ilmu pengetahuan, Sadar al-Din al-Syaerazi,
filosof, dan Muhammad Baqir Ibn Muhammad Damad, filosof, ahli sejarah, teolog
dan seorang yang pernah mengadakan observasi mengenai kehidupan lebah-lebah.[40]
3.
Bidang Pembangunan Fisik dan Seni
Para penguasa kerajaan ini telah berhasil menciptakan
Isfahan, ibu kota kerajaan, menjadi kota yang sangat indah. Di kota tersebut berdiri
bangunan-bangunan besar dan indah seperti masjid-masjid, rumah sakit,
sekolah-sekolah, jembatan raksasa diatas Zende Rud dan istana Chihil Sutun.
Kota Isfahan juga diperindah dengan taman-taman wisata yang ditata apik
Di bidang seni, kemajuan nampak begitu kentara dalam gaya
arsitektur bangunan-bangunannya, seperti terlihat pada masjid Shah yang
dibangun pada tahun 1611 M dan masjid Shah yang dibangun pada tahun 1603 M.
Unsur seni lainnya terlihat pula dalam bentuk kerajinan tangan, keramik,
karpet, permadani, pakaian dan tenunan, mode, tembikar dan bidang seni lainnya.
Seni lukis mulai dirintis sejak zaman Tahmasp I. Raja Ismail I pada tahun 1522
M membawa seorang pelukis timur ke Tabriz. Pelukis itu bernama Bizhad.[41]
4.1
Iran Sekarang
Presiden : Mahmud Ahmadinejad
Pemimpin Agung : Ayatullah Ali Khomeini
Luas :
1.638.057 Km2
Populasi : 66.129.000
Ibukota : Teheran
Bahasa utama : Persia, Asiria, Kurdi
Agama utama : Islam Syiah, Islam Suni, Bahai, Zoroaster
Mata uang : Rial
Ekspor utama : minyak dan gas alam, karpet, buah kenari, besi dan
baja.
Pemerintahan : Republik
|
Gambar 10
Peta Iran Sekarang
Wilayah Iran sekarang, yaitu:
·
Sebelah Utara berbatasan
dengan Turkmenistan dan Azerbaijan.
·
Sebelah Timur berbatasan
dengan Afghanistan dan Pakistan.
·
Sebelah Barat berbatasan
dengan Irak dan Turki.
Selain itu Iran memiliki garis pantai dengan tiga laut besar:
Teluk Oman, Teluk (Teluk Persia), dan Laut Kaspia. Kenampakan utama geografi
negara ini adalah beberapa rangkaian pegunungan besar dan plato raksasa.
Pegunungan Iran yang paling panjang, pegunungan Zagros, terlentang dari arah
barat-laut menuju perbatasan dengan Armenia di selatan dan tenggara, melintasi
kawasan teluk, dan berakhit di dekat Selat Hormuz yang menghubungkan teluk
denga teluk Oman.[42]
4.2
Ekonomi Minyak
Ekonomi Iran sangat bergantung pada sumber daya alam. Sekitar
85 persen pendapatan ekspor berasal dari minyak dan gas. Iran memiliki sekitar
delapan persen cadangan minyak dunia dan hampir seperlima cadangan gas alam
dunia. Sebelumnya, dari tahun 1953sampai pada tahun 1979, Iran adalah negara
yang menganut sistem pemerintahan monarkhi. Pemimpin saat itu, Shah Mohammad
Reza Pahlavi memperkenalkan modernisasi. Dibawah pemerintahannya, Iran mulai
membangun industri pengolahan dan pengiriman minyak yang berpusat dari
pelabuhan-pelabuhan besar di Teluk persia, yaitu Bandar-e’ Abbas dan Abadan.
Berbagai industri seperti kimia, tekstil, mesin dan produksi semen juga
dibangun.[43]
4.3 Revolusi dan Perang
Rakyat Iran dikenal sangat kuat memegang praktek
keagamaannya, Islam, dalam kehidupan sehari-hari. Pada 1979, sebuah revolusi
menggulingkan Shah Mohammad Reza Pahlavi. Iran dideklarasikan sebagai Republik
Islam. Hukum Islam diberlakukan dalam semua aspek kehidupan dan semua pengaruh
barat dilarang. Serangan Irak pada 1980 yang memunculkan perang selama 8 tahun
menyebabkian sekitar 100.000 pasukan Iran tewas. Hingga kini, negara ini kadang-kadang
jatuh ke dalam konflik dengan negara tetangganya di Timur Tengah dan
negara-negara Barat.[48]
BAB III
KESIMPULAN
Iran dan Persia adalah dua nama yang kerap digunakan untuk
menunjukkan satu wilayah. Sebenarnya, antara keduanya terdapat sedikit perbedaan.
Salah satu rumpun bangsa Arya, yaitu bangsa Media, mendiami wilayah Iran bagian
barat. Sementara rumpun bangsa lainnya, yaitu banga Persia, mendiami bagian
selatan wilayah tersebut.
Di peradaban persia kuno berkembang sebuah agama yang menjadi
agama resmi di wilayah tersebut yaitu Zoroaster. Agama ini merupakan sebuah
agama yang mengajarkan pengikutnya untuk menyembah api. Kitab suci agama ini
adalah Avesta yang mempunyai arti sendiri yaitu “bacaan”.
Wilayah Iran sekarang yang kaya akan minyak dan gas alam itu
berbatasan dengan:
·
Sebelah Utara berbatasan
dengan Turkmenistan dan Azerbaijan.
·
Sebelah Timur berbatasan
dengan Afghanistan dan Pakistan.
·
Sebelah Barat berbatasan
dengan Irak dan Turki.
DAFTAR PUSTAKA
As-Sirjani, Prof. Dr. Raghib. Sumbangan peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: 2009. Mu’asasah
Iqra. ISBN 978-979-592-555-2
eBook Tim Program BSB (Belajar Sambil Bermain). Sekilas Sejarah Dunia. Bali: 2011.
Yayasan Gema Ripah.
Hinson, Dafid F. Sejarah
Israel Pada Zaman Alkitab diterjemahkan Pdt. M. Th. Mawene MTh.. Jakarta:
1991. PT BPK Gunung Mulia.
Kingfisher, Tim. Ensiklopedia
Geografi Jilid 3. Jakarta: 2006. PT Lentera Abadi.
Kingfisher, Tim. Ensiklopedia
Sejarah Dan Budaya Jilid 1. Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi.
Mukti Ali, H.A.. Agama-Agama
Di Dunia. Yogyakarta: 1988. IAIN Sunan Kalijaga Press.
Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010. Almahira.
Soi’yb, Joesoef. Agama-Agama
Besar Di Dunia. Jakarta: 1996. PT. Al Husna Zikra.
Yatim, Drs. Badri, M.A.. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: 1997.
PT Raja Grafindo Persada.
http://alkitab.sabda.org/resource.php?res=almanac&topic=207
diunduh pada 6 April 2013 Jam 2:23 AM
http://www.artikata.com/arti-354998-transenden.html
diunduh pada24 Maret 2013 Jam 14:37 PM
http://zulfanafdhilla.blogspot.com/2012/12/agama-zoroastrianism-mazdayasna.html#ixzz2OMa6mXAn
diunduh pada 23 Maret 2013 jam 6:58 PM
[1]Tim Kingfisher. Ensiklopedia Sejarah Dan Budaya Jilid 1.
Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi. Hlm. 40
[2] Bangsa Arya adalah
pengembala-pengembala sapi. Mereka suka berperang, sehingga yang menonjol dari
bangsa ini adalah dalam hal persenjataan perang. Pada tahun 1100 SM bangsa Arya
mulai mengenal besi, sehingga mereka termasuk bangsa yang kuat. Namun mereka
tidak menaklukan Lembah Sungai Indus. Mereka
tinggal
di antara ke tujuh sungai dan selama berabad-abad terus menyebar. Beberapa abad
kemudian (kira-kira tahun 1000 SM) keturunan mereka menyebut diri sebagai
bangsa Arya (berarti: terhormat, murni). Kebudayaan mereka bercampur (melalui
perkawinan, pendudukan, dll) dengan orang-orang terdahulu. Orang-orang itulah
yang mengajarkan mereka membajak dan membangun sebuah peradaban baru yang
berpijak pada peradaban terdahulu. Bangsa Arya membuat saluran-saluran irigasi
dan waduk-waduk. Dikutip dari Tim Program BSB (Belajar Sambil Bermain). Sekilas Sejarah Dunia. Bali: 2011.
Yayasan Gema Ripah. Hlm 40-41.
[3] Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010.
Almahira. Hlm 465.
[4] Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010.
Almahira. Hlm 465.
[5] Gambar diambil dari Sami bin
Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama.
Jakarta : 2010. Almahira. Hlm 468.
[6] Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010.
Almahira. Hlm 466.
[7] Gambar diambil dari Sami bin
Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama.
Jakarta : 2010. Almahira. Hlm 468.
[8] Darius I (548-486 SM) merupakan
seorang penakluk hebat yang memperluas kerajaan ke arah barat dan timur dan
menata ulang wilayah menjadi 20 provinsi. Ia membangun jalan yang baik serta
ibukota kerajaan baru di Persepolis. Dari Lydia di Anatolia, ia mendatangkan
uang emas dan perak ke Persia. Darius menyebut dirinya Shahanshah, raja diraja.
[9] Tim Kingfisher. Ensiklopedia Sejarah Dan Budaya Jilid 1.
Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi. Hlm. 40.
[10] Susa menjadi pusat administrasi,
sementara Persepolis menjadi pusat kenegaraan. Jalan dibangun untuk
memperlancar komunikasi.
[11] Gambar diambil dari Tim
Kingfisher. Ensiklopedia Sejarah Dan
Budaya Jilid 1. Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi. Hlm. 41.
[12] Gambar tersebut menjelaskan
Darius I sedang berburu singan dengan menaiki kereta perang serta membawa busur
dan anak panah. Sosok bersayap melambangkan dewa Ahura Mazda, pemimpin dewa Persia.
[13] Gambar diambil dari Tim
Kingfisher. Ensiklopedia Sejarah Dan
Budaya Jilid 1. Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi. Hlm. 41.
[14] Prof. Dr. Raghib As-Sirjani. Sumbangan peradaban Islam Pada Dunia.
Jakarta: 2009. Mu’asasah Iqra. ISBN 978-979-592-555-2. Hlm. 23.
[15] Dafid F. Hinson. Sejarah Israel Pada Zaman Alkitab
diterjemahkan Pdt. M. Th. Mawene MTh.. Jakarta: 1991. PT BPK Gunung Mulia. Hlm
209.
[16] Prof. Dr. Raghib As-Sirjani. Sumbangan peradaban Islam Pada Dunia.
Jakarta: 2009. Mu’asasah Iqra. ISBN 978-979-592-555-2. Hlm. 23-24.
[17] Gambar diambil dari Sami bin
Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama.
Jakarta : 2010. Almahira. Hlm 472.
[18] Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010.
Almahira. Hlm 469.
[19]Transenden adalah diluar segala
kesangggupan manusia; luar biasa; utama. Dikutip dari http://www.artikata.com/arti-354998-transenden.htmlpada24 Maret 2013 Jam 14:37 PM.
[20]Dualisme adalah kepercayaan bahwa dalam
alam ciptaan ini ada dua kekuatan yang bekerja, yakni kekuatan yang baik si
satu pihak dan kekuatan yang jahat di pihak lain.
[21] Dafid F. Hinson. Sejarah Israel Pada Zaman Alkitab
diterjemahkan Pdt. M. Th. Mawene MTh.. Jakarta: 1991. PT BPK Gunung Mulia. Hlm
210.
[22]http://zulfanafdhilla.blogspot.com/2012/12/agama-zoroastrianism-mazdayasna.html#ixzz2OMa6mXAn diunduh 23 Maret 2013 jam 6:58 PM
[23] Joesoef Soi’yb. Agama-Agama Besar Di Dunia. Jakarta:
1996. PT. Al Husna Zikra. Hlm. 223.
[24] H. A. Mukti Ali.. Agama-Agama Di Dunia. Yogyakarta: 1988.
IAIN Sunan Kalijaga Press. Hlm. 270-271.
[26] Sami bin Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama. Jakarta : 2010.
Almahira. Hlm 469.
[27] Gambar diambil dari Sami bin
Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama.
Jakarta : 2010. Almahira. Hlm 471.
[28] Tempat ini berfungsi untuk
menjaga api tetap menyala.
[29] Gambar diambil dari Sami bin
Abdullah al-Maghlouth. Atlas Agama-Agama.
Jakarta : 2010. Almahira. Hlm 472.
[30]http://zulfanafdhilla.blogspot.com/2012/12/agama-zoroastrianism-mazdayasna.html#ixzz2OMa6mXAn diunduh 23 Maret 2013 jam 6:58 PM
[31]ibid
[32]ibid
[33] Dafid F. Hinson. Sejarah Israel Pada Zaman Alkitab
diterjemahkan Pdt. M. Th. Mawene MTh.. Jakarta: 1991. PT BPK Gunung Mulia. Hlm
210.
[34]http://alkitab.sabda.org/resource.php?res=almanac&topic=207 diunduh pada 6 April 2013 Jam
2.23 AM
[35] Drs. Badri yatim, M.A.. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: 1997.
PT Raja Grafindo Persada. Hlm 44.
[36] Safi al-Din berasal dari
keturunan orang yang berada dan memilih sufi sebagai jalan hidupnya. Ia
keturunan dari Imam Syi’ah yang keenam, Musa al-Kahzim. Gurunya bernama Syekh
Taj al-Din Ibrahim Zahidi (1216-1301 M) yang dikenal dengan julukan Zahid al-Gilani.
[37] Drs. Badri yatim, M.A.. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: 1997.
PT Raja Grafindo Persada. Hlm 138-139.
[38] Tim Kingfisher. Ensiklopedia Sejarah Dan Budaya Jilid 3.
Jakarta: 2009. PT. Lentera Abadi. Hlm. 209.
[39] Safavid adalah nama lain dari
Safawi.
[40] Drs. Badri yatim, M.A.. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: 1997.
PT Raja Grafindo Persada. Hlm 144.
[42]Tim
Kingfisher. Ensiklopedia Geografi Jilid
3. Jakarta: 2006. PT Lentera Abadi. Hlm 254
[43] Tim Kingfisher. Ensiklopedia Geografi Jilid 3. Jakarta: 2006. PT Lentera Abadi.
Hlm. 255.
[44] Penyulingan di kota Abadan.
Berada di kawasan utara Teluk, Abadan adalah kota pusat kegiatan transportasi
dan pengolahan minyak.
[45] Gambar diambil dari Tim
Kingfisher. Ensiklopedia Geografi Jilid
3. Jakarta: 2006. PT Lentera Abadi. Hlm. 255.
[46] Sekitar 100 tempat pembuatan
karpet berada di Esfahan, kota di bagian tengah Iran. Kota ini menjadi pusat
usaha tekstil dan kain serat sutra, serat sintetis dan woluntuk industri
pembuatan pakaian dan karpet.
[47] Gambar diambil dari Tim
Kingfisher. Ensiklopedia Geografi Jilid
3. Jakarta: 2006. PT Lentera Abadi. Hlm. 254.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar